SEKILAS INFO

     » Akreditasi Puskesmas Gemarang akan dilaksanakan pada tgl 10/okt/2016      » Selamat Hari Jadi Kabupaten Madiun Ke 448      » Pengobatan Masal dlm Rangka BST di Desa Mejayan Kec Mejayan      » RSUD Dolopo berserta Dinas Kesehatan mengadakan Sunatan Masal hari Senin 15/6/2015 di RSUD Dolopo      » Selamat Datang di Situs web Resmi Dinas Kesehatan
Rabu, 10 Agustus 2016 - 14:05:49 WIB
Pelayanan Deteksi Dini CA Servix dan Kanker Payudara di Puskesmas Dagangan

Diposting oleh : Administrator
Kategori: umum - Dibaca: 214 kali

Dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak PKK KB dan Kesehatan Kabupaten Madiun, BPJS Kesehatan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Madiun mengadakan Pelayanan Deteksi Dini CA (Cancer) Servix dan Kanker Payudara Melalui IVA dan PAPSMEAR di Puskesmas dagangan pada Tanggal 29 Juli 2016.

Undangan Yang Di hadiri Oleh Ibu Bupati Kab. Madiun. (Hj. Sri Purwanti, Spd, Mpd) dan segenap jajaran Dinas Kesehatan, Puskesmas Dagangan dan Masyarakat di Kec Dagangan yang ikut berpartisipasi dalam Pelayana  IVA dan PAPSEMAER.
Kegiatan ini sekaligus mengundang Dokter Spesaialist Kandungan dari RSUD Caruban (dr...... SpoG) yang memberi arahan Materi CA Servix dan KAnker Payudara.

Pegertian singkat tentang CA Servix.

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Pada usia berapa pun, semua wanita bisa menderita kanker serviks. Tapi penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual antara usia 30-45 tahun. Kanker serviks sangat jarang terjadi pada wanita berusia di bawah 25 tahun.

Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause. Meski terjadi pendarahan, belum berarti Anda menderita kanker serviks. Untuk memastikan penyebab kondisi Anda, segera tanyakan kepada dokter. Jika dicurigai terdapat kanker serviks, rujukan menemui dokter spesialis akan diberikan.


Pengertian dari Kanker Payudara

Payudara terbentuk dari lemak, jaringan ikat, dan ribuan lobulus (kelenjar kecil penghasil air susu). Saat seorang wanita melahirkan, Air Susu Ibu (ASI) akan dikirim ke puting melalui saluran kecil saat menyusui.

Sel-sel dalam tubuh kita biasanya tumbuh dan berkembang biak secara teratur. Sel-sel baru hanya terbentuk saat dibutuhkan. Tetapi proses dalam tubuh pengidap kanker akan berbeda.

Proses tersebut akan berjalan secara tidak wajar sehingga pertumbuhan dan perkembangbiakan sel-sel menjadi tidak terkendali. Sel-sel abnormal tersebut juga bisa menyebar ke bagian-bagian tubuh lain melalui aliran darah. Inilah yang disebut kanker yang mengalami metastasis.

Jika terdeteksi pada stadium awal, kanker dapat diobati sebelum menyebar ke bagian lain tubuh. Gejala awal kanker payudara adalah benjolan atau penebalan pada jaringan kulit payudara. Tetapi sebagian besar benjolan belum tentu menandakan kanker.