SEKILAS INFO

     » Selamat Hari Jadi Kabupaten Madiun Ke 449      » Selamat Datang di Situs web Resmi Dinas Kesehatan
Rabu, 25 November 2015 - 13:33:15 WIB
Lomba Balita Sejahtera Indonesia (LBSI)

Diposting oleh : Administrator
Kategori: umum - Dibaca: 687 kali

Dalam Rangkain Acara Hari Kesehatan Nasional ke 51 Tahun 2015 Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun Mengadakan Kegiatan Lomba Balita Sejahtera Indonesia yang di hadiri 52 Peserta Terdiri dari umur 6 s/d 23 Bulan dan 24bulan s/d 5Tahun.

Anak balita merupakan salah satu aset bangsa yang sangat berharga dalam menentukan kelangsungan hidup dan kejayaan bangsa di masa mendatang, yang mempunyai hak dan kebutuhan akan zat-zat bergizi, kesehatan, bermain, kebutuhan emosional, pengembangan moral, pendidikan serta lingkungan keluarga dan sosial yang mendukung kelangsungan hidup, tumbuh kembang dan perlindungannya. Anak balita juga berhak atas peluang dan dukungan untuk mewujudkan pengembangan diri dan kemampuannya.

Ada beberapa perbedaan yang mendasar terhadap anak salah satunya adalah perbedaan otak orang dewasa dan anak, kalau otak anak balita lebih plastis dibandingkan orang dewasa. Plastisitas otak ini mempunyai sisi positif dan negatif, pada sisi positif, otak anak balita lebih terbuka untuk belajar dan diperkaya, sedangkan sisi negatifnya adalah otak anak lebih peka terhadap lingkungan, terutama lingkungan yang tidak mendukung, termasuk kemiskinan dan stimulasi yang minim. Masa ini disebut juga masa keemasan atau jendela kesempatan atau masa kritis. Masa ini tidak berlangsung lama, sehingga harus mendapat perhatian yang serius.

Untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian orang tua, keluarga dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan di atas perlu diupayakan suatu kegiatan promotif, melalui pelaksanaan Lomba Balita Indonesia (LBI) Tingkat Puskesmas.

Tujuan dari kegiatan ini antara lain :

a. Untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal.

b. Untuk meningkatkan motivasi masyarakat dalam pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita.

c. Untuk meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita.

 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Seksi Gizi Kesehatan Keluarg Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun. Tim Penilai berasal dari lintas sektor dan lintas program terkait, yang terdiri dari unsur :

a. Dokter Gigi

b. Dokter umum

c. Kabid KB Bapembermas Puan dan KB

d. Tim Penggerak PKK

e. Persagi

Peserta lomba adalah perwakilan dari masing-masing puskesmas se Kabupaten Balangan, yang terbagi atas 2 (dua) kelompok umur :

a. Kelompok Umur      6 s.d. 24 bulan            

b. Kelompok Umur      2 s.d. 5 tahun            

Peserta lomba didampingi oleh masing-masing petugas gizi puskesmas beserta orangtua balita.